Senin, 09 Maret 2020

cara membuat grayscale dengan menggunakan Matlab

Grayscale atau abu-abu pada sebuah image digital adalah image yang pada setiap pixelnya hanya berisikan informasi intensitas warna putih dan hitam.
Image Grayscale memiliki banyak variasi nuansa abu-abu sehingga berbeda dengan image hitam-putih.
Grayscale juga disebut monokromatik karna tidak memiliki warna lain selain variasi intensitas putih dan hitam.
Sebuah image yang dijadikan Grayscale akan terkesan berbeda bila dibandingkan dengan image berwarna.
Pada Posting ini akan menjelaskan cara membuat image yang berwarna menjadi Grayscale menggunakan Sofware MatLab.
 
berikut langkah-langkah cara pembuatan grayscale dengan menggunakan Matlab:
 
1. Buka aplikasi MATLAB, Klik menu HOME, lalu klik NEW, klik GUIDE Quick Start, lalu pilih Blank  GUI lalu pilih Browser sebagai tempat simpan program. Klik OK.
 
2. setelah itu buatlah seperti gambar dibawah ini :
 
 
  
Dimana terdapat fitur Axes1, Axes2, pushbutton1 dengan nama "Open Image", pushbutton2 dengan nama     "Greyscale", pushbutton3 dengan nama "Save Image", tambahkan textbox pada fitur Edit Text dan Slider.

3. Untuk memasukkan coding padang pushbutton1 (Open Image)  dan yang lain, klik pushbutton>klik kanan>pilih view lalu callbacks.

4. coding pushbutton1 (Open image)
     
    function pushbutton1_Callback(hObject, eventdata, handles)
[name_file1,name_path1] = uigetfile (.....
    {'*.bmp;*.jpg;*.tif','files of type (*.bmp,*.jpg,*.tif)';
    '*.bmp','file Bitmap (,.bmp)';..........
    '*.jpg','file jpeg (*.jpg)';
    '*.tif','file Tif (*.tif)';
    '*.*','All files (*.*)'},.....
    'Open Image');

if ~isequal (name_file1,0)
    handles.data1 = imread (fullfile(name_path1,name_file1));
    guidata(hObject,handles);
    axes(handles.axes1);
    imshow(handles.data1);
else
    return;
end

5.  Coding Pushbutton2 (Grayscale)

     function pushbutton2_Callback(hObject, eventdata, handles)
image1 = handles.data1;
gray = rgb2gray(image1);
axes(handles.axes2);
imshow(gray);
handles.data2=gray;
guidata(hObject,handles);

6. coding pusbutton3 (save image)

    function pushbutton3_Callback(hObject, eventdata, handles)
thresh=handles.data3;
[name_file_save,path_save] = uiputfile (...
    {'*.bmp','file bitmap (*.bmp)';...
    '*.jpg','file jpeg (*.jpg)';
    '*.tif','file Tif (*.tif)';
    '*.*','All Files (*.*)'},...
    'SAVE IMAGE');

if ~isequal (name_file_save,0)
   imwrite(thresh,fullfile(path_save,name_file_save));
else
    return;
end

7. coding Slider1 

    function slider1_Callback(hObject, eventdata, handles)
gray=handles.data2;
value=get(handles.slider1,'value');
thresh=imcomplement(im2bw(gray,value/255));
axes(handles.axes2);
imshow(thresh);
handles.data3=thresh;
guidata(hObject,handles);
set(handles.edit1,'string',value)
 
8.selanjutnya klik run, dan akan tampil gambar dibawah ini :
 
 
9. untuk menjalankan program , klik Open Image dan akan muncul gambar seperti dibawah ini :
 
10. klik grayscale maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :


 
 11.  untuk mengubah warna RGB, kalian bisa klik slider
 
  
 12.  setelah itu save image


cek juga save as type, disini saya menggunakan Bitmab Image atau .bmp

13. haasil akhir
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cara membuat grafik 3D Plots Surf, Mesh, dan Contour menggunakan matlab

Untuk menggambar grafik 3- dimensi memerlukan suatu titik koordinat yaitu x,y, dan z atau bisa disebut array. Fungsi-fungsi dari visu...